Jumat, 04 Juni 2010

Analis Kesehatan


Analis kesehatan atau tenaga kesehatan adalah bagian dari profesi di bidang kesehatan. Selama ini masyarakat hanya mengenal dokter, perawat, bidan, serta apoteker.Sedangkan analis kesehatan jarang dikenal.Padahal sebenarnya analis kesehatan merupakan tenaga penunjang dignosa dokter yang mana sangat penting sebagai kelanjutan dari pengobatan bagi si pasien.

Sebagai seorang analis kesehatan kita dituntut memiliki kemampuan ketrampilan di bidang laboratorium karena sebagai tenaga analis kita memiliki peranan yang sangat vital bagi pasien.Karena hanya dengan adanya kesalahan hasil pemeriksaan lab akan berdampak fatal bagi pengobatan pasien.

Sebagai tenaga analis saya pun merasakan hal yang sama.Jarang sekali orang yang mengerti profesi kita.Padahal sebenarnya profesi kita tidak asing di dunia kesehatan.Butuh kesabaran dan tanggung jawab yang besar dalam menjalani profesi ini.

Pendidikan analis bisa di dapat dari mulai bangku SMK lalu bagi yang ingin melanjutkan study bisa ke perguruan tinggi.Memang sekolah di analis butuh materi yang cukup banyak di banding sekolah setara SMK yang lain namun hasilnya pun setelah lulus kita dapat langsung bekerja dibeberapa instansi seperti rumah sakit,perusahaan obat,makanan serta minuman.

1 komentar: